Marilah Berbagi Hari Ini

Tempat Berbagi Artikel, Tips dan Info Lainnya

 
Cari Disini
Pesan Sponsor

Sale text links on your site

Ruang Banner


Masukkan Code ini K1-YYB3BE-9
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Cuap-Cuap

Free shoutbox @ ShoutMix
Cool Stuff
Asal Anda
My Data
Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
eXTReMe Tracker
Menanam Pohon yang Disukai Burung
Minggu, 20 April 2008

Menanam pohon disekitar rumah kita ternyata bukan hanya untuk dijadikan payung peneduh. Tetapi juga bisa dijadikan pabrik buah, pabrik bunga, dan tentu saja pabrik oksigen. Di kota yang bising pohonpun dapat mengurangi polusi udara dan suara. Selain itu pohon juga dapat dijadikan taman bermain dan villa bagi burung-burung untuk beristirahat. Berikut ini adalah jenis-jenis pohon yang disukai oleh burung.

Bagi beberapa jenis burung, pohon merupakan rumah makan. Menu yang mereka sukai adalah bunga dan biji. Sering juga pohon dijadikan tempat berburu yang mengasikan bagi burung pemakan serangga. Selain itu pohon juga dapat juga dijadikan sebagai tempat besarang. Sarang burung dibuat dari berbagai bahan, ada yang dari ranting, daun, bahkan tanah. Ada pula burung yang mematuki batang pohon yang sudah lapuk.

Mendengar kicauan burung langsung dari alam bebas ternyata lebih asyik daripada mendengarkan dari dalam kurungan. Kalau mereka sudah mampir, kita bisa melihat betapa riang dan lincahnya mereka hidup di alam bebas.

Diantara pohon yang beragam jenisnya, tidak semua disukai oleh burung. Hanya ada beberapa jenis yang menjadi favorit bagi burung, dari jenis tanaman hias burung menyukai diantaranya bambu, dapdap, kenanga, murbei, nusa indah, palem merah, pinang sirih, pohon kupu-kupu, kembang soka dan pisang hias. Kalau tanaman buah, para burung suka pada pohon sawo kecik, sarikaya, salam, rukem, nangka, rambutan, kersen, lobi-lobi, jambu air, gowok, jamblang, durian, belimbing, kemang dan lain sebagainya.

Sedangkan dari jenis tanaman peneduh, para burung lebih menyukai pohon asam kranji, beringin, butun, cemara laut, flamboyan, jarak pagar, kapuk, karet kebo, kayu putih, lampar, sengon, tanjung, turi dan mindi.

Untuk menanam pohon kesukaan burung, kita bisa membeli bibitnya di penjual tanaman, atau mencangkoknya. Namun untuk mendapatkan pohon yang disukai burung-burung, tentu kita butuh waktu yang lama. Kita harus bersabar menunggu si pohon tumbuh besar dan berdaun rindang dan tentunya harus rajin menyiram dan memupuknya.

Selain pohon dapat digunakan sebagai pengundang burung, menanam pohon merupakan salah satu langkah untuk mengendalikan Global Warming, karena pohon mampu menyerap karbon dioksida yang sangat banyak, dan menyimpan karbon tersebut di dalam kayunya. Oleh karen itu usahakan mulai sekarang kita mulai untuk menanam pohon dan rajin-rajin merawatnya.

Label: ,

posted by Gusna @ Minggu, April 20, 2008  
2 Comments:
  • At 20 April 2008 23.27, Blogger kensinbattosai1 said…

    Artikel di blog anda bagus-bagus. Untuk lebih mempopulerkannya dan bermanfaat bagi komunitas blogger di seluruh Indonesia anda dapat mempostingnya di infogue.com. Pasang juga widget infogue pada blog anda.
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/pengetahuan_umum/menanam_pohon_yang_disukai_burung/

     
  • At 26 Juli 2011 01.40, Anonymous Anonim said…

    sumbernya darimana mas??

     

Posting Komentar

<< Home
 
It's Me

Name: Gusna
Home: Denpasar, Indonesia
About Me: Selamat datang di blog milik gusna, blog ini berisi kumpulan artikel dan tips-tips yang mungkin berguna dalam kehidupan sehari-hari, yang saya rangkum dari berbagai sumber. Terima kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang tulisan saya.
See my complete profile
Gusna Post
Gusna's File
Join My Comunity
Cool Site
Tukaran Links Yuuksss
Cakrawala Gusna
My Friend's Link
balivetman weblogs
  • Weightloss Vitamin
  • Care During Pregnancy
  • Canon Camera Stores
  • Men Clothing Stores
  • Simple Health Tips
  • Cheap Car Electronics and GPS Stores
  • © Marilah Berbagi Hari Ini Template by Isnaini Dot Com