Marilah Berbagi Hari Ini

Tempat Berbagi Artikel, Tips dan Info Lainnya

 
Cari Disini
Pesan Sponsor

Sale text links on your site

Ruang Banner


Masukkan Code ini K1-YYB3BE-9
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Cuap-Cuap

Free shoutbox @ ShoutMix
Cool Stuff
Asal Anda
My Data
Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
eXTReMe Tracker
Khasiat dan Manfaat Bengkoang
Sabtu, 13 Juni 2009

Bengkoang (Pachyrhicuz erosus), siapa sih yang tidak tau? Umbi putih dengan rasa segar ini selain sering digunakan untuk rujak dan sebagai lulur atau bahan kosmetik ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan lho. Tumbuhan bengkoang dapat tumbuh menjalar hingga mencapai panjang 4-5 meter, sedangkan akarnya dapat mencapai 2 meter. Umbinya mengandung gula dan pati serta fosfor dan kalsium. Umbinya mengandung efek pendingin karena mengandung air 86-90%. Bengkoang memiliki rasa manis yang berasal dari suatu oligosakarida yang disebut inulin (pati sayuran).
Di beberapa Negara, inulin telah digunakan sebagai pengganti gula dan penurun kalori makanan seperti es krim, produk susu, dan roti. Komponen ini tidak dapat dicerna oleh enzim di dalam usus manusia sehingga tidak dimetabolisme. Setelah mencapai usu besar, barulah inulin mengalami fermentasi oleh mikroflora usus menjadi asam lemak rantai pendek dan asam laktat, dengan hasil samping fermentasi berupa biomassa bakteri dan gas.
Karena sifatnya yang tidak tercerna inilah, inulin cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sifat penting lain dari inulin adalah sebagai serat makanan. Sifat ini berpengaruh terhadap fungsi usus dan perbaikan parameter lemak dalam darah.
Inulin juga mempengaruhi fungsi usu dengan meningkatkan massa feses dan meningkatkan frekuensi defikasi terutama pada penderita konstipasi. Perbaikan parameter lemak dalam darah yang pernah dilaporkan antara lain penurunan kadar trigliserida serum dankolesterol darah pada penderita hypercholesterolemia.
Beberapa penelitian telah mengindikasikan efek positif inulin dan oligosakarida pada absorpsi kalsium pada tikus dan manusia serta mencegah kanker pada hewan. Lebih dari 10 penelitian menunjukkan bahwa inulin meningkatkan absorpsi dan deposisi kalsium pada tulang tikus dan manusia. Hasil penemuan ini memberikan indikasi yang menjanjikan bahwa inulin dan oligosakarida yang terkandung dalam bengkoang dapat membantu dalam mencegah osteoporosis.

Label:

posted by Gusna @ Sabtu, Juni 13, 2009  
5 Comments:

Poskan Komentar

<< Home
 
It's Me

Name: Gusna
Home: Denpasar, Indonesia
About Me: Selamat datang di blog milik gusna, blog ini berisi kumpulan artikel dan tips-tips yang mungkin berguna dalam kehidupan sehari-hari, yang saya rangkum dari berbagai sumber. Terima kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang tulisan saya.
See my complete profile
Gusna Post
Gusna's File
Join My Comunity
Cool Site
Tukaran Links Yuuksss
Cakrawala Gusna
My Friend's Link
balivetman weblogs
  • Weightloss Vitamin
  • Care During Pregnancy
  • Canon Camera Stores
  • Men Clothing Stores
  • Simple Health Tips
  • Cheap Car Electronics and GPS Stores
  • © Marilah Berbagi Hari Ini Template by Isnaini Dot Com