Marilah Berbagi Hari Ini

Tempat Berbagi Artikel, Tips dan Info Lainnya

 
Cari Disini
Pesan Sponsor

Sale text links on your site

Ruang Banner


Masukkan Code ini K1-YYB3BE-9
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Cuap-Cuap

Free shoutbox @ ShoutMix
Cool Stuff
Asal Anda
My Data
Health Blogs - BlogCatalog Blog Directory
eXTReMe Tracker
Dengan Pencahar Sembelit Gentar
Selasa, 04 Desember 2007
Suatu kali ada teman yang iseng nanya apa persamaan antara konstipasi dan kegemukan. Tentu aja pertanyaan itu suli saya jawab. Setahu saya kontipasi adalah gangguan buang air besar (BAB) akibat tinja yang keras dan kering, sementara kegemukan adalah kelebihan berat badan akibat penumpukan lemak di sekujur tubuh. Jadi, tidak ada persamaannya.

Ternyata dengan santainya, teman tersebut menjawab. "Keduanya takluk oeh obat pencahar." Betulkah?

Memang betul, untuk mengatasi masalah kontipasi, terutama dalam kondisi darurat obat pencahar bisa digunakan. Namun, untuk menggunakannya sebagai obat pelangsing rasanya masih tanda tanya.

Konstipasi atau sembelit sering diderita orang-orang lanjut usia. Namun, sembelit bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi, balita, remaja, maupun orang dewasa. Penyebabnya, karena terjadi perlemahan daya kontraksi usus.

Untuk mengatasinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Apakah kita sering menunda BAB, makan tidak teratur, dan jarang oahraga? Jika ya, kita perlu memperbaikinya. Mengubah gaya hidup, termasuk makan, buang air besar, dan berolahraga merupakan cara yang paling baik dan murah untuk mencegah dan mengatasi konstipasi.

Makan dengan teratur akan membiasakan usus untuk melakukan gerak peristaltik secara teratur. Ini merupakan semacam olahraga bagi usus.

Kita juga perlu mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup. Buah dan sayur-sayuran, berbagai jenis biji-bijian atau sereal merupakan sumber serat yang baik, selain juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila terpaksa mengkonsumsi suplemen serat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Minum banyak air untuk mencegah kemungkinan terjadinya sumbatan usus. Pastikan untuk minum air swdikitnya 1L setiap hari.

Kita juga perlu berolahraga secara ruti, setidaknya 30menit per hari. Olahraga sangat membantu mencegah sembelit.

Jangan menunda jika sudah ada keinginan untuk BAB. Semakin lama menunda, semakin banyak air di tinja terserap sehingga tinja menjadi semakin keras.

Dokter mungkin akan menganjurkan penggunaan sementar obat pencahar untuk membantu BAB, tetapi bukan untuk digunakan secara teratur. Sebab, dengan penggunaan yang kontinyu akan membuat usus menjadi malas bergerak.

Saat ini banyak juga yang menggunakan obat yang mengandung bahan pencahar untuk melangsingkan tubuh. Apalagi obat semacam ini ada yang dijual bebas. Beberapa diantaranya mengandung bahan alami seperti buah sena (Sennae Fructus), lidah buaya (Aloe vera0, jati Belanda (Guazuma ulmifolia). Agar resiko berkurang, membaca aturan pakai yang tertera dalam kemasan menjadi penting sebelum mengkonsumsi. Tanpa kehati-hatian, alih-alih berat badan yang turun, yang terjadi malah penyakit yang hinggap di tubuh.

Label:

posted by Gusna @ Selasa, Desember 04, 2007  
4 Comments:
  • At 5 Desember 2007 pukul 20.41, Blogger Sinopi said…

    hehee... saya sehari minum belom tentu nyampe seliterpun.
    tp sukur nya saya pemakan buah2an jd gada masalah dg BAB.
    tp yg jd masalah, saya gendut heheee

     
  • At 7 Desember 2007 pukul 17.45, Blogger Gusna said…

    nah,makanya mulai sekarang banyak-banyak minum air putih. khan lebih baik mencegah daripada mengobati...lagian minum air putih itu banyak khasiatnya.

     
  • At 8 Desember 2007 pukul 08.57, Blogger Triana said…

    Hi gusna salam kenal juga yah :)
    Wah artikelnya banyak tentang kesehatan yak!

     
  • At 9 Desember 2007 pukul 21.53, Blogger Gusna said…

    sementara seeh iya...ini khan media bwat saya untuk saling berbagi informasi. mari kita saling berbagi dengan sesama

     

Posting Komentar

<< Home
 
It's Me

Name: Gusna
Home: Denpasar, Indonesia
About Me: Selamat datang di blog milik gusna, blog ini berisi kumpulan artikel dan tips-tips yang mungkin berguna dalam kehidupan sehari-hari, yang saya rangkum dari berbagai sumber. Terima kasih sudah berkunjung, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda tentang tulisan saya.
See my complete profile
Gusna Post
Gusna's File
Join My Comunity
Cool Site
Tukaran Links Yuuksss
Cakrawala Gusna
My Friend's Link
balivetman weblogs
  • Weightloss Vitamin
  • Care During Pregnancy
  • Canon Camera Stores
  • Men Clothing Stores
  • Simple Health Tips
  • Cheap Car Electronics and GPS Stores
  • © Marilah Berbagi Hari Ini Template by Isnaini Dot Com